1. Apakah Whistleblowing System BBKPM Surakarta ini?

Aplikasi Whistleblower System BBKPM Surakarta adalah Sistem untuk memproses pengaduan/pemberian informasi yang disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung sehubungan dengan adanya perbuatan yang melanggar perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang terjadi di lingkungan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta.

2. Apakah Whistleblower itu?

Whistleblower adalah seseorang yang mengadukan perbuatan dugaan tindakan korupsi yang terjadi di lingkungan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta, baik itu Pegawai Negeri Sipil, Calon Pegawai Negeri Sipil dan pegawai lainnya yang bekerja di lingkungan BBKPM Surakarta, Whistleblower mendapatkan hak perlindungan dan penghargaan serta berhak mengetahui tindak lanjut pengaduan

Hak perlindungan berupa : kerahasiaan identitas, mendapat perlindungan dari tindakan administratif kepegawaian, perlindungan atas hak-hak saksi dan pelapor sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Jaminan Kerahasian Sebagai Pelapor ?

Whistleblowing System (WBS) diamanatkan untuk melindungi setiap pelapor. Semua jaminan kerahasiaan tersebut dapat kami lakukan selama anda tidak mempublikasikan identitas Anda sebagai whistleblower. Melalui saluran komunikasi khusus, WBS melalui Tim WBS akan memberikan respon yang berkaitan dengan status pengaduan Anda dan akan melakukan konfirmasi kepada anda apabila pengaduan Anda dirasakan kurang memenuhi bukti permulaan yang cukup. Tim WBS akan merahasiakan informasi pribadi Anda sebagai whistleblower, dan hanya fokus pada kasus yang dilaporkan.

4. Apakah bentuk respon yang diberikan kepada pelapor atas pengaduan yang disampaikan?

Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal (ucapan terima kasih telah melakukan pengaduan) dan status/tindak lanjut pengaduan paling akhir sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Respon terkait dengan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat dalam history pengaduan Aplikasi Whistleblower System system.

5. Berapa lama respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan kepada pelapor?

Sesuai dengan KMK 149 tahun 2011 jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima. Untuk respon yang disampaikan tertulis melalui surat dapat diberikan apabila pelapor mencantumkan identitas secara jelas (nama dan alamat koresponden). Untuk respon dari media pengaduan lainnya akan disampaikan dan diberikan sesuai identitas pelapor yang dicantumkan dalam media pengaduan tersebut.

6. Apakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?

Kerahasiaan identitas Anda sebagai pelapor akan terjaga seperti yang telah disebutkan dalam KMK 149 tahun 2011. Namun agar kerahasiaan identitas Anda dapat lebih terjaga sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal sebagaimana disebutkan di sini.